Ternyata Kota Tebing Tinggi ada pahlawan

00.55
Tuan syech baringin

Tuan Syech Baringin adalah Ulama Tariqat Kharismatik di Kota Tebing Tinggi - Sumatera Utara. Beliau dikenal sangat sakti. Dikisahkan, Ketika Serdadu Jepang ingin menangkapnya di tempat persulukannya di Kampong Kebon Kelapa Tebing tinggi, tiba-tiba saja daerah itu menjadi hamparan telaga. (doc. Suhu Muhar Omtatok/2008)



Rumah Kediaman Tuan Syech Baringin, yang dibangun sekitar awal tahun 1940-an, berbentuk Rumah adat Minangkabau, tempat asal beliau di Kabupaten Limo Puluh Kota. Rumah besar yang berdiri di Jl Syech Baringin - Sei Sigiling di Pinggiran Kota tebing Tinggi ini, dahulu dipergunakan juga untuk mendidik murid-muridnya untuk bersilat, yang tergabung didalam Ikatan Pentjak Indonesia Sumatera Utara (IPISU). Kondisi Rumah ini sudah sangat memprihatinkan (doc. Muhar Omtatok/2008)


Makam Tuan Syech Baringin berada satu kompleks dengan rumah beliau di Jl Syech Baringin - Sei Sigiling Tebing Tinggi, yang bersebelahan dengan Surau. Kondisi makam dan Surau sangat terawat rapi oleh para peziarah. (doc. Muhar Omtatok/2008)


inilah Almanak untuk menentukan jatuhnya hari bulan hijriah. Hingga kini, turunan pengikut tariqat dari Syech baringin menggunakan Almanak ini. sering terjadi perbedaan jatuhnya 1 Ramadhan dengan ketetapan pemerintah, tp para pengikut tetap berkeyakinan menggunakan almanak yang bernama Tajrin ini. Almanak ini berasal dari Syech Mudo Abdul qodim Belubus (salah seorang guru Tuan Syech baringin di Suliki kab. 50 kota-Sumbar).

Almanak untuk mencari awal tiap-tiap bulan dari pada bulan Arab ini, cara melihatnya adalah: Mula-mula ambil angka huruf hijrah. Maka lihat dibawah angka tersebut huruf tahun dan dibawah huruf tahun nama hari. Insya Allah, inilah awal tiap-tiap bulan yang dikehendaki. (doc. Muhar Omtatok)



Pertanyaan..?
maaf suhu omtatok,apakah Tuan Syech Baringin sudah diangkat sebagai pahlawan kemerdekaan Indonesia oleh Pemerintah RI?jika belum maka ini tentu PR (Pekerjaan Rumah) bagi pemkab setempat untuk menghargai perjuangan dari Tuan Syech Baringin melawan penjajah jepang???
Jawaban:Sampai saat ini, Tuan Syech Baringin belum menjadi Pahlawan Nasional. Pemko Tebingtinggi dan Pemprov Sumut sudah harus memikirkan ini, tentunya harus ada pengajuan untuk itu.


Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=987235

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan Beri komentar dan saran anda ^.^ EmoticonEmoticon